Image
oleh Tim IT

PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA PEMKAB MOJOKERTO DENGAN UNIVERSITAS SURABAYA

Kategori berita  |   views

Didampingi Direktur RSUD Prof. Dr. Soekandar, Dr Sujatmiko MM, MMR. dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Mojokerto, Drs. Mustain,MM, Msi,Wakil Bupati Mojokerto, Pung Kasiadi, SH pada tanggal 23 Agustus 2017 di Ruang Pertemuan RSUD Prof. Dr. Soekandar telah melaksanakan penandatangan kesepakatan bersama dengan Rektor Universitas Surabaya, Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph,D.

Didalam sambutannya Wakil Bupati Mojokerto mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto, tetap membutuhkan dukungan dan partisipasi semua pihak dalam membangun Kab. Mojokerto di masa mendatang. Diantaranya dukungan dari dunia usaha, LSM, masyarakat, maupun kalangan akademisi. Disamping itu Pemerintah Kabupaten Mojokerto sangat terbuka dengan semua pihak akademisi salah satunya  Ubaya. Sinergi kita bahkan sudah terjalin selama kurang lebih 5 tahun terakhir. Kita patut mengapresiasi Ubaya yang sampai saat ini sudah berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Mojokerto,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa antara Pemerintah Kabupaten Mojokerto dengan Ubaya telah menjalin kerjasama sejak tanggal 29 Agustus 2012 silam, melalui Piagam Kesepakatan Kerjasama Nomor 44 Tahun 2012 dan Nomor 010/UM/LPPM/VIII/2012 tentang Pengembangan Ilmu, Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sehubungan dengan akan habisnya masa berlakunya kerjasama tersebut, maka dilakukan perpanjangan kerjasama yang disesuaikan dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah dan Peraturan Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerjasama Daerah.

Kesepakatan Bersama itu sendiri mencakup beberapa ruang lingkup antara lain pendidikan, kesehatan, social, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, tenaga kerja, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pangan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat dan desa, perhubungan, komunikasi dan informatika, kepemudaan dan olahraga, koperasi dan mikro serta kebudayaan dan pariwisata. Hal ini akan menambah luasnya ruang yang dapat di kerjasamakan melalui Oraganisasi Perangkat Daerah yang ada di Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Beberapa bentuk kerjasama yang sudah terealisasi antara lain Gedung Universitas Surabaya Training Center (UTC) di Trawas, pemberdayaan masyarakat di beberapa kecamatan seperti petani salak di Trawas, Waduk Tanjungan di Kemlagi, pemberdayaan pengrajin perak di Desa Batan Krajan Kecamatan Gedeg, serta pengembangan Rumah Sakit Pendidikan di RSUD Prof. Dr. Soekandar.

Dalam hal kerjasama  pengembangan rumah sakit pendidikan, Universitas Surabaya menjadikan RSUD Prof. Dr. Soekandar sebagai Rumah Sakit Utama, sedangkan  saat ini Ubaya telah menyelenggarakan kegiatan perkuliahan dan praktek kedokteran di RSUD Prof dr. Soekandar.